Ganti Bos, Tampilan iOS Bakal Dirombak?

Apple rilis pembaruan iOS versi 6.0.1 pada Jumat (2/11/2012). Ada beberapa masalah yang telah diatasi, salah satunya lampu kilat kamera.

Pernah memperhatikan aplikasi Calendar, Notes, atau Game Center pada sistem operasi iOS di iPhone dan iPad yang memiliki tampilan berbeda-beda?

Aplikasi-aplikasi tersebut mengusung konsep desain yang disebut Skeuomorphic dengan elemen visual berupa tekstur (misalnya tekstur kulit, kayu, atau kertas) untuk mereplikasi benda di dunia nyata ke alam digital.

Nah, dengan ditunjuknya Johnathan Ive, Wakil Presiden Desain Industri Apple, sebagai Kepala Desain Human Interface, hal tersebut kemungkinan bakal segera berubah.

iOS-6-Styles
Contoh desain Skeuomorphic pada sejumlah aplikasi di iOS (gambar: Thenextweb.com)

Dulu, persoalan tampilan interface pada iOS ditangani oleh Wakil Presiden Senior iOS Software Scott Forstall yang bersama mendiang Steve Jobs merupakan pendukung desain Skeuomorphic. Tetapi, minggu lalu Scott Forstall diberitakan segera hengkang dari Apple.

Ive ditunjuk untuk menggantikan fungsi Forstall sebagai pemegang keputusan soal desain software. Berbeda dengan Forstall, Ive kabarnya tidak menyukai desain Skeumorphic dan lebih condong pada konsep kesederhanaan yang lebih menekankan pada fungsi.

"iOS dan OSX berikutnya akan mengusung tampilan ala John Ive, dengan permukaan-permukaan datar yang sederhana menggantikan elemen visual tekstur yang tersebar di beragam aplikasi saat ini," ujar seorang desainer Apple yang menolak disebutkan namanya pada The New York TImes, seperti dikutip Apple Insider.

Beberapa tahun belakangan, Apple membawa "aura" desain aplikasi iOS ke sistem operasi desktop MacOS. Tampilan aplikasi Calendar, Game Center, dan Notes pada Mac OS X Mountain Lion, misalnya, terlihat sama dengan aplikasi-aplikasi serupa pada iOS.

Beberapa elemen Skeuomorphic, seperti icon tempat sampah pada Mac OS dan paper shredder dalam Passbook iOS6, dinilai berguna bagi pemakai, sedangkan yang lainnya seperti tampilan ala meja kasino di Game Center dan bahan kulit di aplikasi Calendar dikritik karena tidak berhubungan dengan fungsi software.
Source:


0 Response to "Ganti Bos, Tampilan iOS Bakal Dirombak? "

Posting Komentar